5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting
4 posters
Halaman 1 dari 1
5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting
Banyaknya layanan web hosting yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga murah kadang membuat bingung para calon klien. Dalam kesempatan ini kami mencoba memberikan sudut pandang berbeda dalam memilih penyedia layanan web hosting.
1. Technical support dan customer service
Pertama kali melihat spesifikasi paket hosting, calon klien umumnya terpaku pada angka-angka teknis seperti besarnya disk space, bandwidth, harga, fasilitas tambahan dsb. Tidak banyak calon klien yang cukup smart untuk memperhatikan faktor paling penting dalam bisnis jasa dalam bidang apapun: Customer Service. Mendapatkan customer service yang handal dan selalu siap melayani klien jauh lebih penting dari sekedar deretan angka-angka teknis.
Bagaimana mengetahui bagus tidaknya support dari sebuah penyedia layanan?
Lakukan tes sederhana dengan menghubungi customer service melalui email, chat dll sebelum anda melakukan pesanan. Pelayanan bisa dikatakan baik bila anda mendapatkan respon sesegera mungkin. Tes ini mungkin tidak bisa menjamin 100% bahwa mereka akan bagus seterusnya. Namun pelayanan yang baik dan sigap adalah permulaan yang baik.
2. Uptime
Istilah uptime secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana mesin server beserta seluruh fungsinya berjalan dengan semestinya dan website klien bisa diakses dengan normal. Downtime adalah kebalikan dari kondisi tersebut. Dalam dunia hosting, uptime di-monitor dalam jangka waktu tertentu dan 100% adalah angka ideal yang sulit untuk dicapai. Namun sebuah layanan hosting bisa dikatakan baik bila mampu mencapai angka 99% atau lebih dalam sebulan. Sedangkan untuk klien korporat umumnya memakai patokan 99,5% atau lebih.
Penyedia layanan yang baik akan mencantumkan hasil Uptime Monitoring dari pihak ketiga yang akurasinya bisa dipercaya. Sehingga calon klien bisa melihat secara langsung performance dan kestabilan layanan yang ditawarkan.
Seberapa pun canggih dan lengkap sebuah paket hosting, tidak akan berguna bila memiliki waktu uptime yang buruk. Kami sebelumnya adalah pengguna dan pernah mengalami sendiri situasi dimana website kami down selama 3 hari nonstop dan customer service tidak bisa dihubungi alih-alih memberi solusi. Jangan sampai ini terjadi pada anda dan menyebabkan hilangnya sebuah peluang bisnis.
3. Portfolio
Perhatikan bila penyedia layanan menampilkan para klien di website mereka. Dalam dunia web hosting, klien yang tidak puas bisa dengan mudah untuk memutuskan kontrak dan pindah ke penyedia layanan yang lebih baik. Jadi jumlah klien menunjukkan seberapa besar kepercayaan dari para klien terhadap penyedia layanan. Penyedia layanan bisa diberi nilai plus bila dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah terkenal.
4. Spesifikasi Teknis
Baca dengan seksama detail spesifikasi teknis yang ditawarkan. Fokuskan pilihan pada paket yang sesuai dengan kebutuhan, bukan pada paket super-heboh-murah-meriah, namun dalam prakteknya paket tersebut bukan untuk anda. Website tipe company profile atau brosur online umumnya memerlukan disk space tidak lebih dari 300MB, bahkan kurang. Sementara website e-commerce kelas menengah umumnya memerlukan disk space antara 300MB - 1GB.
Jadi yakinkan diri anda bahwa anda tidak memerlukan disk space 100GB plus 10000GB bandwidth untuk webite yang hanya terdiri dari 5 halaman statis.
5. Administrasi dan Policy
Penyedia layanan hosting yang baik selain handal dalam urusan teknis, juga harus memiliki fasilitas administrasi yang mudah dan efisien serta policy (aturan main) yang jelas untuk kliennya. Administrasi mencakup kemudahan pembayaran, penyediaan informasi layanan untuk masing-masing klien dan prosedur technical support yang sistematis. Sementara policy adalah ketentuan layanan yang jelas dan mudah dimengerti termasuk informasi prosedur layanan, larangan-larangan, sanksi-sanksi dsb.
Kedua hal diatas mungkin bukan hal yang wajib, namun diperlukan untuk memberikan layanan yang profesional kepada para klien.
1. Technical support dan customer service
Pertama kali melihat spesifikasi paket hosting, calon klien umumnya terpaku pada angka-angka teknis seperti besarnya disk space, bandwidth, harga, fasilitas tambahan dsb. Tidak banyak calon klien yang cukup smart untuk memperhatikan faktor paling penting dalam bisnis jasa dalam bidang apapun: Customer Service. Mendapatkan customer service yang handal dan selalu siap melayani klien jauh lebih penting dari sekedar deretan angka-angka teknis.
Bagaimana mengetahui bagus tidaknya support dari sebuah penyedia layanan?
Lakukan tes sederhana dengan menghubungi customer service melalui email, chat dll sebelum anda melakukan pesanan. Pelayanan bisa dikatakan baik bila anda mendapatkan respon sesegera mungkin. Tes ini mungkin tidak bisa menjamin 100% bahwa mereka akan bagus seterusnya. Namun pelayanan yang baik dan sigap adalah permulaan yang baik.
2. Uptime
Istilah uptime secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana mesin server beserta seluruh fungsinya berjalan dengan semestinya dan website klien bisa diakses dengan normal. Downtime adalah kebalikan dari kondisi tersebut. Dalam dunia hosting, uptime di-monitor dalam jangka waktu tertentu dan 100% adalah angka ideal yang sulit untuk dicapai. Namun sebuah layanan hosting bisa dikatakan baik bila mampu mencapai angka 99% atau lebih dalam sebulan. Sedangkan untuk klien korporat umumnya memakai patokan 99,5% atau lebih.
Penyedia layanan yang baik akan mencantumkan hasil Uptime Monitoring dari pihak ketiga yang akurasinya bisa dipercaya. Sehingga calon klien bisa melihat secara langsung performance dan kestabilan layanan yang ditawarkan.
Seberapa pun canggih dan lengkap sebuah paket hosting, tidak akan berguna bila memiliki waktu uptime yang buruk. Kami sebelumnya adalah pengguna dan pernah mengalami sendiri situasi dimana website kami down selama 3 hari nonstop dan customer service tidak bisa dihubungi alih-alih memberi solusi. Jangan sampai ini terjadi pada anda dan menyebabkan hilangnya sebuah peluang bisnis.
3. Portfolio
Perhatikan bila penyedia layanan menampilkan para klien di website mereka. Dalam dunia web hosting, klien yang tidak puas bisa dengan mudah untuk memutuskan kontrak dan pindah ke penyedia layanan yang lebih baik. Jadi jumlah klien menunjukkan seberapa besar kepercayaan dari para klien terhadap penyedia layanan. Penyedia layanan bisa diberi nilai plus bila dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah terkenal.
4. Spesifikasi Teknis
Baca dengan seksama detail spesifikasi teknis yang ditawarkan. Fokuskan pilihan pada paket yang sesuai dengan kebutuhan, bukan pada paket super-heboh-murah-meriah, namun dalam prakteknya paket tersebut bukan untuk anda. Website tipe company profile atau brosur online umumnya memerlukan disk space tidak lebih dari 300MB, bahkan kurang. Sementara website e-commerce kelas menengah umumnya memerlukan disk space antara 300MB - 1GB.
Jadi yakinkan diri anda bahwa anda tidak memerlukan disk space 100GB plus 10000GB bandwidth untuk webite yang hanya terdiri dari 5 halaman statis.
5. Administrasi dan Policy
Penyedia layanan hosting yang baik selain handal dalam urusan teknis, juga harus memiliki fasilitas administrasi yang mudah dan efisien serta policy (aturan main) yang jelas untuk kliennya. Administrasi mencakup kemudahan pembayaran, penyediaan informasi layanan untuk masing-masing klien dan prosedur technical support yang sistematis. Sementara policy adalah ketentuan layanan yang jelas dan mudah dimengerti termasuk informasi prosedur layanan, larangan-larangan, sanksi-sanksi dsb.
Kedua hal diatas mungkin bukan hal yang wajib, namun diperlukan untuk memberikan layanan yang profesional kepada para klien.
il_lupo- Stafftranslator
- Jumlah posting : 1728
Age : 39
Mig33 ID : il_lupo
Location : Weleri
Chat Room : Weleri, Kendal dan sekitarnya
FS : barrasaputra@yahoo.com
Registration date : 12.07.08
Re: 5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting
mksh inponya bang
symbol-- Stafftechnician
- Jumlah posting : 1260
Age : 33
Mig33 ID : symbol-
Location : kendal
Chat Room : kendal, semarang, magelang, klaten, pekalongan, batang, kaliwungu, boja, sukorejo, kediri, makasar,
FS : id_1302@yahoo.co.id
Phone : +6285641388098
Registration date : 13.08.08
Re: 5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting
Yg penting gratis,itu dah cukup
**ali_sakit**- CO-Moderator
- Jumlah posting : 2268
Age : 36
Mig33 ID : ali_sakit al.i
Location : JAKARTA
Chat Room : BATANG,pekalongan33
FS : makin_membusuk@yahoo.com
Phone : +6285642535866
Registration date : 16.05.08
Re: 5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting
ali_sakit wrote:Yg penting gratis,itu dah cukup
senenge gratisan li
symbol-- Stafftechnician
- Jumlah posting : 1260
Age : 33
Mig33 ID : symbol-
Location : kendal
Chat Room : kendal, semarang, magelang, klaten, pekalongan, batang, kaliwungu, boja, sukorejo, kediri, makasar,
FS : id_1302@yahoo.co.id
Phone : +6285641388098
Registration date : 13.08.08
Re: 5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting
yg gratis kebanyakan udah pada di gusur n embel2nya suruh beli klo kita pengen upgrade cz fasilitasnya dibatasi
il_lupo- Stafftranslator
- Jumlah posting : 1728
Age : 39
Mig33 ID : il_lupo
Location : Weleri
Chat Room : Weleri, Kendal dan sekitarnya
FS : barrasaputra@yahoo.com
Registration date : 12.07.08
Re: 5 Tips Memilih Penyedia Layanan Web Hosting
bener banget tu...
yang gratisan pasti ada udang dibalik bakwan
forum ini juga gratisan, kalau mau nambah fasilitas harus beli
kapan kita hosting mandiri ya
yang gratisan pasti ada udang dibalik bakwan
forum ini juga gratisan, kalau mau nambah fasilitas harus beli
kapan kita hosting mandiri ya
tooman- Administrator
- Jumlah posting : 981
Age : 36
Mig33 ID : tooman [sedang cuti]
Location : pekalongan, malang, bengawansolo
Chat Room : pekalongan, batang, kedungwuni
FS : atta@mecca.com
Phone : Private Number
Registration date : 06.05.08
Similar topics
» Web Hosting Gratis
» Tips Browsing Internet
» Tips Belanja Online
» -----TIPS GPRS GRATIS-----
» tips ngirit browsing hp
» Tips Browsing Internet
» Tips Belanja Online
» -----TIPS GPRS GRATIS-----
» tips ngirit browsing hp
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik